SMPN 3 Ciawi Melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Total


Dibuat oleh: smpn3ciawi | Pada: 05/02/2018 - 13:24

  1. dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah yang menciptakannya, jika ialah yang kamu hendak sembah. (Q.S Fushilat [41]:37).

Shalat khusuf atau gerhana bulan adalah shalat dua rakaat yang diikuti dengan khutbah gerhana yang hukumnya sunnat muakkad dengan tujuan mensyukuri kebesaran Allah swt atas perubahan fenomena alam. Gerhana Bulan yang terjadi pada tanggal 31 januari 2018 tersebut merupakan fenomena alam yang istimewa, karena terjadi dalam siklus 150 tahunan. ditambah lagi dengan perubahan warna bulan menjadi biru dan merah darah, lalu di ikuti dengan gerhana bulan total (super blue blood moon).

Dengan tujuan mensyukuri kebesaran atas sunnatullah tersebut, maka di SMPN 3 Ciawi mengggelar shalat gerhana di mesjid sekolah (Mesjid al-Furqon). kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 orang yang pesertanya adalah Guru, TU dan murid yang semuanya laki-laki, sementara semua Guru perempuan menyediakan konsumsi setelah digelarnya shalat gerhana.

Adapun rentetan kegiatan yang dilakukan setelah shalat maghrib, siswa dan guru melaksanakan takbir bersama sampai shalat isya, setelah isya baru dilaksanakan shalat gerhana yang di pimpin oleh Drs. Cece Badruddin yang dilanjutkan dengan hutbah gerhana bulan yang di pimpin oleh M. Nandang Wijaya, S.Pd.I.

Isi khutbah yang di sampaikan adalah bagaimana kita memposisikan gerhana bulan sebagai ayat Allah. yang dalam khasanah Islam lazim kita dengan dengan istilah ayat qauliyyah dan ayat qauniyyah. yang pertama merujuk pada ayat-ayat berupa firman Allah (al-Qur’an), sedangkan yang kedua mengacu pada ayat berupa ciptaan secara umum, mulai dari semesta benda-benda langit sampai diri menusia sendiri.

Kesan yang di sampaikan oleh mereka yang mengikuti shalat tersebut bervariasi. diantaranya disampaikan oleh Pak Egi Supriyatna (Guru SBK) yang mengatakan bahwa, “Dengan melaksanakan shalat ini perasaan saya begitu berbeda, ada perasaan merinding dalam menjalaninya.” kemudian kesan yang disampaikan oleh ketua OSIS R. Mugni Hairul Arby mengatakan, “ saya baru tahu, bahwa ada shalat yang dalam setiap rakaatnya, membaca fatihah 2 kali, surat 2 kali, dan rukuk dua kali”.

 

MNW

Tags: , ,